Taman Mungil di Selatan Kota Malang : Pulau Sempu

Kami para anggota klub bagpacker Geologi Undip, bernama G-Trex (Geology Traveler & Explorer) akhirnya berhasil melakukan perjalanan singkat untuk pertama kalinya menjelajahi Timur Pulau Jawa dengan tujuan Pulau Sempu pada tanggal 16 September 2011.

Sedikit mengulas tentang klub bagpacker G-Trex. G-Trex tepatnya terbentuk saat saya dan beberapa kawan Geologi yang sedang melakukan pemetaan batubara di Bintuni Papua Barat mencetuskan untuk membuat suatu kelompok bagpacker khusus untuk mahasiswa geologi Undip, tujuannya sederhana, memfasilitasi teman-teman yang memiliki hobi jalan-jalan dan menjelajah agar bisa berkeliling Indonesia bahkan dunia. Anggotanya terdiri dari seluruh tim pemetaan Bintuni, saya, Harizona, Ariel, Wisnu, Ardiana, Aldilla, Udhi, Amaz, Hendra, kemudian ditambah teman-teman ekspedisi Bukit Barisan dan yang lainnya, Dimas, Gebyar, Farah, Mbk Anis, Mbk Jenian, dan Eki.

Perjalanan diawali dengan berkumpulnya seluruh anggota yang akan berangkat di Gedung Serba Guna (GSG) UNDIP lama. Semua peralatan dicek, kemudian siap-siap berangkat menuju terminal Terboyo Semarang. Perjalanan ini kita rencanakan menggunakan bus angkutan umum dengan rute Semarang – Surabaya – Malang – P. Sempu.

Perjalanan jauh dimulai dengan tujuan pertama yaitu Kota Surabaya, berangkat pukul 7 malam dari Terminal Terboyo menggunakan bus ekonomi “Sinar Mandiri”, tanpa AC, berdesakan, aroma yang bermacam-macam, campur jadi satu menhasilkan sensasi yang luar biasa, hawa bagpacker begitu terasa. Sekitar 6 jam perjalanan, akhirnya sampai juga di stop site pertama, Terminal Bungurasih Surabaya dini hari.



Istirahat sejenak sambil menunggu bus tujuan Malang yang akan berangkat sbentar lagi, tidak lupa mengambil gambar sebagai dokumentasi perjalanan.

Tujuan selanjutnya yaitu Kota Malang. Kembali menggunakan bus ekonomi dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 2 jam. Perjalanan ini cukup menguras tenaga karena setengah waktu perjalanan kita lalui dengan berdiri menunggu kursi yang kosong. Akhirnya beberapa saat kemudian sampai juga di Stop site kedua yaitu Terminal Kota Malang tepat waktu subuh.

Shalat, cuci muka, siapkan ini itu, siap melanjutkan perjalanan ke Pulau Sempu. Dengan menggunakan mobil angkot berwarna biru, Pulau Sempu ditempuh sekitar 3 jam perjalanan. Perjalanan yang cukup lama, guncangan yang lebih hebat karena ukuran mobil yang lumayan kecil, begitu menghabiskan tenaga.

Sampai juga di Pelabuhan penyeberangan menuju Pulau Sempu. Pulau Sempu telah dijadikan hutan konservasi sehingga memang terdapat pos pengamanan dan dibutuhkan izin untuk masuk ke wilayah Pulau. Untuk menuju Pulau Sempu sendiri menggunakan perahu motor penyeberangan yang kecil. Berikut ini dokumentasi perjalanan kami yang luar biasa.

Hari pertama diawali dengan penyeberangan kita ke P. Sempu

Menyeberang ke Pulau Sempu

Tiba Di Pulau Sempu

Tiba di salah satu pantai di sebelah selatan Pulau Sempu setelah berjalan kurang lebih 1 jam melewati hutan konservasi.

Foto bersama dengan latar pantai dan tebingnya

Membelakangi laut selatan

Tenda tempat menginap

Pesta api unggun

Hari kedua menghabiskan waktu dengan berenang di pantai

Penyeberangan pulang

Dua hari petualangan menyusuri P.Sempu sangat tak terlupakan, waktu 2 hari yang memberikan pengalaman berpetualang. Sekian laporan perjalanan bagpacker kami ke taman mungil bernama P.Sempu, nantikan perjalanan berikutnya tentunya masih bersama kami, G-TREX!!

2 comments so far

  1. ilma on

    kapan2 ajak neng kesini lah😀

  2. Memet on

    Di kos saya baru yusril sama hapis yang kesini.
    Saya baru sampe bajul mati. Mau ke pantai aja jauuuuuh kalo di Malang ini.
    Enakan Lombok kemana-mana. Tapi lumayan sih Sempu ini pebr.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: